Apa itu Nanoteknologi, Mengenal Lebih Dekat Dunia Nano

2
166
Apa Itu Nano Teknologi
Apa Itu Nano Teknologi

POPULER.CO.ID – Apa itu Nanoteknologi, Nanoteknologi adalah teknologi terkini yang mencakup sains, teknik, dan teknologi pada skala nano. Bahan berbentuk batang yang panjangnya berkisar dalam mikrometer tetapi diameternya dalam kisaran 1-100 nanometer juga dapat dianggap sebagai bahan nano. Apakah nanometer atau seberapa kecil itu? Nanometer adalah satu miliar meter . Awalan “nano” berarti “satu miliar”, atau 10-9, dalam sistem internasional untuk satuan bobot dan ukuran. Singkatan nanometer adalah “nm.” Nanometer adalah satu miliar meter dan jika kita bandingkan dengan diameter rambut manusia, ketebalannya sekitar 50.000 kali dari diameter nanometer. Misalkan kita memiliki selembar kertas yang ketebalannya sudah sangat sedikit dan jika kita membagi ketebalan ini dengan nanometer maka tebalnya akan menjadi sekitar 100.000 nanometer. Bergantung pada bentuk, aplikasi, atau komponennya, material nano dapat disebut dengan berbagai nama yang berbeda, termasuk nanopartikel, nanotube, nanofilm, nanoshells, nanosfer, kawat nano, nanoclays, nano-polimer, dan banyak lagi. Ada peningkatan secara eksponensial dalam luas permukaan bahan nano selama sintesis dari bahan curah yang membuat bahan ini sangat reaktif dan mendapatkan sifat baru. Karena ukuran yang sangat kecil, nanomaterial dapat berperilaku berbeda, misalnya, titik leleh material, warna, kekuatan, reaktivitas kimia, dan lainnya dapat berubah pada skala nano.

<

Jenis Nanomaterials

Nanomaterial ada di lingkungan sejak sejarah bumi dan diproduksi oleh banyak aktivitas alam. Bahan skala nano telah digunakan selama lebih dari seribu tahun. Misalnya, emas berskala nano digunakan dalam kaca patri di Eropa Abad Pertengahan dan tabung nano ditemukan pada bilah pedang yang dibuat di Damaskus. Nanomaterials diproduksi oleh aktivitas alam dan antropogenik / buatan manusia.

Secara alami, nanomaterial terbentuk dari kebakaran hutan, gunung berapi (lava panas), dengan cara konversi gas-ke-partikel, mikropartikel berukuran kurang dari 100 nm, dan juga beberapa molekul biologis berada dalam rentang ukuran nanomaterial seperti DNA, RNA, dan beberapa protein. Nanomaterial antropogenik selanjutnya dapat diklasifikasikan sebagai disengaja dan tidak disengaja. Nanomaterial yang disengaja adalah yang diproduksi dengan sengaja untuk tujuan tertentu seperti engineered nanomaterials (ENMs) untuk ukuran dan bentuk terkontrol, dirancang untuk fungsionalitas seperti emas, besi, titanium dioksida, nanotube karbon, nanopartikel silika, logam, semikonduktor, oksida logam, karbon , polimer, nanosfer, kabel, jarum, tabung, cangkang dll.

<

Apa itu nanoteknologi dan seberapa kecil nanomaterialnya?

Nanoteknologi adalah kombinasi dari ilmu pengetahuan dan teknologi; yang memungkinkan kontrol materi pada dimensi skala nano seperti skala atom dan molekuler. Nanomaterials berarti material yang berukuran sekitar 100 nanometer atau lebih kecil. Seringkali, ketika orang berbicara tentang nanoteknologi, yang mereka maksud adalah struktur berukuran 100 nanometer atau lebih kecil. Ada satu juta nanometer dalam satu milimeter. Nanoteknologi mencoba membuat material, mesin atau teknologi dengan memanfaatkan material nano berukuran kecil tersebut.

<

Apakah teknologi ini disiplin baru?

Nanoteknologi dan bahan skala nano telah digunakan selama lebih dari seribu tahun. Misalnya, di Eropa Abad Pertengahan, emas berskala nano digunakan dalam kaca patri dan tabung nano ditemukan pada bilah pedang yang dibuat di Damaskus. Namun, penemuan mikroskop bertenaga tinggi memungkinkan kita untuk melihat berbagai hal pada skala nano dan mulai bekerja dengan bahan-bahan ini.

Apakah produk berbasis nanoteknologi tersedia untuk konsumen? Ya, nanoteknologi adalah teknologi yang menawan dan telah menemukan jalannya ke dalam produk menguntungkan yang tak terhitung jumlahnya yang telah digunakan secara luas dalam kehidupan kita sehari-hari, mis. tabir surya, permen mint, cat, bahan makanan, bahan kuat dan ringan yang terbuat dari bahan nano seperti tabung nano karbon; layar sentuh hidrofobik pada smartphone dan lampu LED, pemberian obat yang ditargetkan untuk pengobatan penyakit yang tepat dan lebih aman; membran berbasis nano digunakan dalam filter air untuk membersihkan air minum; komputer super cepat dengan penyimpanan dalam jumlah besar yang memanfaatkan sirkuit nano; jendela antidust atau membersihkan diri; sensor nano untuk mendeteksi kontaminasi dalam makanan melalui pengemasan, bahan perancah berbasis bahan nano untuk pertumbuhan kembali sel kulit, tulang, dan saraf yang lebih baik dan cepat untuk tujuan medis, dan pakaian & peralatan dapur berbasis bahan nano, dll.

 

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here